Wabup Aceh Selatan Tanam Perdana Jagung Unggul

Image

Tapaktuan. Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan, Kamarsyah SSos MM melakukan penanaman perdana jagung varietas unggul Vioneer di Gampong Paya, Kecamatan Trumon Tengah, yang berjarak sekitar 40 km arah timur Kota Tapaktuan, Rabu (8/5). Acara penanaman jagung tersebut disponsori PT Dupont selaku pemasok bibit jagung varietas unggulan ke daeah itu.
Penanaman jagung secara simbolis di atas lahan milik Abu Sabarudin, seorang ulama setempat yang juga petani jagung. Lahan uji coba itu seluas 1,25 hektare yang telah dijadikan demplot oleh PT Dupont Vioneer.

Hadir dalam acara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian (BKPPP) TR Fahsul Falah MSi, Kadis Pertanian dan Peternakan Darman SP, Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Suhasmi, perwakilan PT Dupont Vioneer Jamirson Saragih, Camat dan Muspika Trumon Tengah serta para petani dalam kawasan Trumon Raya.

Dalam acara penanaman jagung varietas unggulan tersebut, PT Dupont Vioneer menggelar perlombaan kecepatan menanam jagung yang diikuti petani, serta turut juga diikuti wakil bupati. Dua pemenang mendapat hadiah berupa bibit jagung Vioneer P23.

Jamirson Saragih mewakili PT Dupont mengatakan, melihat potensi sumber daya alam di kawasan Trumon Raya Aceh Selatan yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan, maka pihaknya merasa tergerak untuk mengembangkan lahan jagung di daerah itu.

“Sebagai bentuk keseriusan kami, telah menempatkan satu orang petugas di Trumon Raya Aceh Selatan ini agar bisa berinteraksi langsung dengan petani,” ujar Jamirson.

Wakil Bupati Kamarsyah mengaku bangga dan salut melihat animo masyarakat petani di daerah itu, yang sangat bersemangat mengembangkan tanaman jagung.

“Kami atas nama Pemkab Aceh Selatan pada kesempatan ini menegaskan bahwa kami sangat serius akan membantu para petani jagung di kawasan Trumon Raya ini, sebab langkah ini sesuai dengan visi misi kami saat kampanye dulu bahwa kami akan fokus melakukan gebrakan pembangunan yang salah satunya adalah di bidang pertanian,” tegas Kamarsyah.

Pihaknya juga berterima kasih kepada PT Dupont yang telah turut serta berkontribusi membantu para petani dalam hal kebutuhan bibit varietas unggul.

“Kami berharap bentuk kerja sama ini akan terus berlanjut ke depan, dan lahan jagung petani dapat terus kita kembangkan dengan peningkatan produksi yang memuaskan,” tandasnya.

Sementara Kadis Pertanian Darman SP mengatakan, secara keseluruhan  luas areal penanaman jagung dalam Kabupaten Aceh Selatan mencapai 10.000 hektare per tahun dengan hasil produksi mencapai 20 ton per tahun.
[medanbisnisdaily.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s