Hilangnya Harapan Petani Pisang Ace

ImageTanaman Pisang telah menjadi andalan petani di aceh, tanaman pisang digolongkan ke dalam golongan tanaman Pangan, kebutuhan pisang untuk pasar aceh dan Sumatra Utara sangat tinggi sehingga banyak patani mau menanam pisang, disamping menguntungkan juga mudah dalam memasarkan hasil panen.
Gerakan budidaya tanaman pisang telah di galakkan di kabupaten Aceh Selatan sejak tahun 1990 s/d 2005 telah menjadikan kabupaten Aceh Selatan Sebagai Setral Pisang Barang di Propinsi Aceh, gerakan tersebut menuia sukses besar ditandai dengan semakin luasnya hamparan kebun pisang yang bisa kita lihat di kawasan ladang rimba didesa Jambo Papen atau tepatnya dilintasan Jalan Nasional Banda Aceh Medan. Setiap hari ribuan tanda pisang keluar dari cental pisang ratusan Juta Rupiah Uang Mengalir di desa jambo papan tersebut, kini harapan para petani desa Blang Putek dan desa sekitarnya sudah mulai pupus akibat tanaman Pisang mereka di serang oleh Penyakit Layu Bakteri penyebab utama penyakit ini adalah bakteri Pseudomonas solanacearum kini nasip yang sama juga menimpa petani di kabupaten lain. Akibat dari serangan Penyakit tersebut telah menghambat suplai pisang untuk Home Industri Keripik di Kabupaten Aceh Selatan. Kami terpaksa menaikan harga keripik karena susahnya mendapatkan pisang kami terpaksa membeli pisang dari Medan Propinsi Sumatra Utara demikian dijelaskan oleh M.Ali.
    Berikut ini beberapa kutipan Berita tetang Serangan Penyakit layu Bakteri :
    Puluhan hektar tanaman pisang di tiga gampong Kecamatan ladang rimba desa Jambo Papen, kabupaten Aceh Selatan, terserang hama layu fusarium dan layu bakteri. Akibatnya, para petani etempat mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena gagal panen. Di Masing-masing gampong, Kecamatan Ladang Rimba, Kab Aceh Selatan. Warga Aceh Tamiang terancam kesulitan mendapatkan pisang. Pasalnya 395 hektare lahan tanaman pisang di kabupaten itu terserang bakteri penyakit layu dan bakteri penyakit darah. Kondisi ini sudah terjadi sejak tahun 2006.

    Gerakan – gerakan pengendalian banyak telah dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pertanian Masing – masing kabupaten, tetapi hal ini kurang berhasil karena belum dapat menekan populasi penyakit layu bakteri yang terus meningkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s